Sebuah catatan bersejarah diukir oleh Bogor LavAni. Tim bola voli milik Susilo Bambang Yudhoyono itu berhasil menjadi juara Proliga 2022. Sejarah baru terukir di GOR Padepokan Voli Jenderal Polisi Kusnarto, Sentul, Jawa Barat, pada Minggu (27/3/2022) malam WIB. Tim debutan Proliga, Bogor LavAni, sukses merebut gelar juara putra kompetisi bola voli tertinggi Indonesia usai mengalahkan Surabaya Bhayangkara Samator.

Pada grand final PLN Mobile Proliga 2022, Bogor LavAni berhasil menaklukkan Surabaya Bhayangkara Samator dengan skor 3-2 ((25-27, 25-19, 20-25, 25-18, 15-10). Catatan bersejarah pun diukir oleh Bogor LavAni, tim voli SBY tersebut. Bogor LavAni menjadi tim debutan pertama yang mampu menjadi juara pada musim perdananya di pentas Proliga.

Sejarah Berdirinya Bogor LavAni, Tim Voli Milik SBY

Bogor LavAni merupakan tim voli milik mantan presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono. Presiden Indonesia ke-6 itu memang dikenal sangat menggemari olahraga bola voli. SBY, sapaan akrab Susilo Bambang Yudhoyono, mendirikan klub voli Bogor LavAni pada 1 Desember 2019.

SBY mendirikan Bogor LavAni sebagai bentuk cinta kasih dan penghormatan kepada sang istri, Ani Yudhoyono, yang meninggal dunia pada 1 Juni 2019. Nama Bogor LavAni sendiri berasal dari tiga kata yaitu “Bogor”, “Love”, dan “Ani”. Bogor merupakan tempat klub bola voli Bogor LavAni didirikan. Sementara itu, kata Love (lav) digabung dengan “Ani”.

Persiapan Matang Hasilkan Gelar Juara

Keberhasilan Bogor LavAni menjadi jawara Proliga 2022 tak lepas dari persiapan matang yang dilakukan tim. Bogor LavAni sendiri sudah melakukan persiapan sejak 2020 untuk tampil di Proliga. Namun, pandemi Covid-19 membuat ajang Proliga baru bisa terlaksana pada tahun ini.

Pada kompetisi Proliga 2022, skuad Bogor LavAni terdiri dari bintang-bintang voli nasional, pemain muda berbakat, dan juga legiun asing berkualitas. Untuk menghadapi Proliga 2022, Bogor LavAni memboyong dua bintang timnas Voli Indonesia yaitu Dio Zulfikri (setter) dan Doni Haryono (outside hitter).

Sementara itu di jajaran pemain asing, tim milik SBY tersebut mendatangkan Jorge Gonzales Garcia asal Kuba dan Leonardo Martins da Silva dari Brasil. Komposisi skuad mumpuni itu dipadukan dengan keahlian meracik strategi sang pelatih, Jiang Jie. “Keberhasilan kami tidak lepas dari kekompakan tim.

Para pemain saling percaya dan saling dukung,” kata pelatih Bogor LavAni, Jiang Jie, dikutip dari Kompas.id, Senin (28/3/2022).

“Tidak ada yang bermain secara individu, semuanya bermain maksimal hanya untuk tim,” imbuh pelatih asal China tersebut.

Persiapan matang yang dilakukan Bogor LavAni itu pun membuahkan hasil manis. Mereka melaju ke grand final Proliga 2022 dan sukses menumbangkan sang juara tujuh kali, Surabaya Samator.

“LavAni merupakan tim yang baru saja dibentuk. Jadi kemennagan ini sangat sangat bermakna untuk kami, termasuk saya sendiri,” kata Jiang Jie soal kesuksesan timnya menjuarai Proliga 2022, dikutip dari BolaSport.com. “Kuncinya hanya kerja sama tim. Semua tim bermain sangat bagus, tapi di sini semua tergantung kerja sama tim antar pemain,” ujar Jiang Jie menegaskan.

sumber: kompas.com